Kunci Immobilizer, Pemilik Mobil Perlu Tahu

Kali ini ahlikuncipurwokerto.com akan mengulas sebuah sistem keamanan pada mobil yang disebut dengan kunci immobilizer. Kunci Immobilizer adalah sebuah sistem manajemen mesin pada ECU (Electronic Control Unit/komputer yang mengatur system mobil) yang mampu mengenali sinyal yang dikirimkan dari kunci. Hal tersebut melibatkan penempatan sebuah microchip pada kepala kuncinya, dimana chip tersebut merupakan sebuah transmitter dan receiver mini. Jika sinyal tidak dikenali, maka ECU tidak mengirimkan arus sehingga mesin tidak bisa dinyalakan.

diagram immobilizer

Cara Kerja Kunci Immobilizer

Pada saat kunci kontak (ignition key) dimasukkan ke rumah kunci (key Cilinder) lalu diputar ke ON. Transponder key amplifier mengirimkan sinyal ke transponder chip (id code) pada kunci kontak, transponder chip (id code) akan mengirim balik sinyal yang berisi kode ke transponder key amplifier yang akan diteruskan ke transponder key ECU, jika sinyal sesuai dengan yang terdapatar pada transponder key ECU maka mobil bisa distarter dan jika tidak sesuai maka mobil tidak bisa distarte dan akan tetap mati.

Dengan mengetahui cara kerja kunci immobilizer, pemilik mobil jadi tahu apa itu kunci immobilizer dan apabila terjadi ganggungan misalnya mobil tetap mati padahal kunci yang digunakan adalah kunci aslinya bisa dicari kesalahannya.

Perbedaan mobil immobilizer dan mobil non immobilizer

Salah satu cara yang sangat mudah untuk mengetahuinya adalah dengan melihat lampu led security yang ada pada bagian dashboard mobil atau lampu led pada sebelah setir mobil. Apabila setelah anda menekan tombol unlock yang ada pada remote kunci dan anda buka bagian pintu pengemudi,maka lampu security masih berkedip, dan akan hilang ketika sesaat setelah anda memutar kunci ke posisi on, itulah tandanya bahwa mobil anda sudah memakai sistem kunci immobilizer.

Bagi para pemilih mobil yang mobilnya sudah dilindungi dengan sistem keamanan kunci immobilizer harus lebih waspada di saat mengalami kehilangan kunci mobil. Apalagi apabila kunci tersebut hilang, maka anda harus tanggap dan lekas melakukan registrasi ulang pada kunci cadangan yang anda miliki saat ini. Hal ini penting sekali sebab jika anak kunci itu jatuh di tangan orang-orang yang tidak bertanggung-jawab, maka dengan mudahnya mereka menyalakan mobil dan kabur bersama mobil kesayangan anda. Untuk mencegah hal ini terjadi, anda bisa registrasi ulang melalui alat intelligent tester yang hanya dimiliki oleh benkel-bengkel resmi APM. Alat tersebut akan menghapus data yang tersimpan pada kunci immobilizer lama anda dan menggantinya dengan kode terbaru yang telah tersimpan dalam ECU mobil.

Service Kunci Immobilizer

Percayakan kepada ahli kunci pengalaman untuk menangani kunci immobilizer anda salah satunya ahlikuncipurwokerto.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *